Kumpulan Informasi Terbaru Cara Berhijab, DP BBM, Gaya Rambut, Kata Kata, Model Kebaya, Pantun, Resep, dan Ucapan Selamat

Kanker serviks gejala awal wajib kamu tahu

Yatmono Alqorni

Berikut ini penjelasan kanker serviks gejala awal secara lengkap. Kanker serviks atau yang biasa kita kenal dengan kanker leher rahim yang menyerang wanita ini yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik. Yang diserang adalah pada bagian leher rahim.
Kanker serviks gejala awal
Kanker serviks gejala awal

Berikut gejala awal dari kanker serviks atau kanker leher rahim berikut ini:
1.Terjadinya pendarahan pada bagian intim wanita setelah berhubungan dengan suami.
2. Saat keputihan ada darah dan baunya busuk.
3. Nyeri di bagian panggul dan saat berhubungan dengan suami juga terasa nyeri.
4. Keputihan tidak normal.
5. Terjadi pendarahan ketika sudah monopause dan keluar cairan kekuningan, berdarah, dan bau.

Nah bagaimana kita bisa mencegah dari kanker leher rahim ini?
1.Harus menjaga kebersihan daerah kewanitaan.
2. Membasuh daerah kewanitaan dengan air yang bersih usai buang air besar maupun kecil. Berhati-hatilah di toilet yang airnya kotor karena banyak kuman yang bersarang.
3. Segera mengobati keputihan dan cara mencegah keputihan. Karena penyakit ini bisa berawal dari keputihan.
4. Jangan berhubungan seks dengan selain pasangannya. Selain dilarang oleh agama juga sangat beresiko untuk penularan penyakit masyarakat lainnya.
5. Segera konsultasi ke dokter jika terjadi gejala seperti di atas.

Dua macam tip HPV yaitu HPV 16 dan 18 lah yang menjadi penyebab utama sebesar 70% dari orang yang terkena kanker serviks di dunia. Virus tersebut berada di tubuh wanita dalam rentang waktu yang lama yaitu 10 tahun hingga 20 tahun. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena kanker serviks karena gajalanya belum nampak atau nampak namun sangat sulit dideteksi. Maka sangat dianjurkan untuk vaksinasi terhadap kanker serviks.
Berikut pengobatan dari kanker serviks itu sendiri ada tiga macam yaitu:
1.Melalui operasi pengangkatan
2. Melalui radioterapi
3. Melalui kemoterapi.

Wanita yang mempunyai kanker serviks stadium satu A pengobatannya adalah dengan pembedahan pengangkatan rahim atau histerektomi. Jika pasien ingin mempunyai anak disarankan dengan metode LEP. Sedangkan untuk stadium 1B dan 2A,jika tumornya sudah berukuran 4 cm disarankan dengan menggunakan metode radikal histerektomi bisa juga dengan radioterapi. Disamping melakukakan pengobatan secara medis, pasien juga bisa melakukan pengobatan secara herbalis.

Itulah ulasan dari kanker serviks gejala awal dan cara pencegahannya.